Saya ingat waktu tahun ajaran baru kemarin, anak saya diberikan daftar asmaul husna. Setelah tanya ke bunda-bunda
yang lain dapat info kalau sudah di kelas TK, anak diwajibkan menghafal asmaul husna.
Kebetulan anak saya Play
Group
Apple.
Nah dari sekarang sudah mulai sedikit-sedikit mengenalkan asmaul husna. Dan untuk anak seumuran 4 tahun itu
tidak gampang. Maunya dia duduk manis dengerin bundanya ngeja terus dia nirukan tapiiiii boro-boro... dengerin aja
nggak apalagi liat. Tapi ya sudahlah setidaknya setiap hari saya terus mencoba. Cemungudh ea...
Alhamdulillah ada beberapa bunda yang anak-anaknya duduk di kelas TK di sekolah yang sama bermurah hati memberikan cara menghafal asmaul husna.
“Metode 2-2″
Menghafalkan dua Asma sekaligus.
1. Lihat daftar Asmaul Husna. Biasanya juga ada di belakang sampul mushaf Al-Quran.
2. Kelompokkan keseluruhan Asma dalam 10 kelompok
(1) Asma 1-10
(2) Asma 11-20
(3) Asma 21-30
(4) Asma 31-40
(5) Asma 41-50
(6) Asma 51-60
(7) Asma 61-70
(8) Asma 71-80
(9) Asma 81-89
(10)Asma 90-99
Kelompok (1)
01-02 >> Yã Raĥmãnu Yã Raĥĩmu
03-04 >> Yã Maliku Yã Quddũsu
05-06 >> Yã Salãmu Yã Mu`minu
07-08 >> Yã Muhaiminu Yã `Azĩzu
09-10 >> Yã Jabbãru Yã Mutakabbiru
Kelompok (2)
11-12 >> Yã Khãliqu Yã Bãri`u
13-14 >> Yã Mushawwiru Yã Ghaffãru
15-16 >> Yã Qahhãru Yã Wahhãbu
17-18 >> Yã Razzãqu Yã Fattãĥu
19-20 >> Yã `Alĩmu Yã Qãbidhu
Kelompok (3)
21-22 >> Yã Bãsithu Yã Khãfidlu
23-24 >> Yã Rãfi`u Yã Mu`izzu
25-26 >> Yã Mudzillu Yã Samĩ`u
27-28 >> Yã Bashĩru Yã Ĥakamu
29-30 >> Yã `Adlu Yã Lathĩfu
Kelompok (4)
31-32 >> Yã Khabĩru Yã Ĥalĩmu
33-34 >> Yã `Adhĩmu Yã Ghafũru
35-36 >> Yã Syakũru Yã `Aliyyu
37-38 >> Yã Kabĩru Yã Ĥafidhu
39-40 >> Yã Muqĩtu Yã Ĥasĩbu
Kelompok (5)
41-42 >> Yã Jalĩlu Yã Karĩmu
43-44 >> Yã Raqĩbu Yã Mujĩbu
45-46 >> Yã Wãsi`u Yã Ĥakĩmu
47-48 >> Yã Wadũdu Yã Majĩdu
49-50 >> Yã Bã`itsu Yã Syahĩdu
Kelompok (6)
51-52 >> Yã Ĥaqqu Yã Wakĩlu
53-54 >> Yã Qawiyyu Yã Matĩnu
55-56 >> Yã Waliyyu Yã Ĥamĩdu
57-58 >> Yã Muĥshiyyu Yã Mubdi`u
59-60 >> Yã Mu`ĩdu Yã Muĥyĩ
Kelompok (7)
61-62 >> Yã Mumĩtu Yã Ĥayyu
63-64 >> Yã Qayyũmu Yã Wãjidu
65-66 >> Yã Mãjidu Yã Wãĥidu
67-68 >> Yã Aĥad Yã Shamadu
69-70 >> Yã Qãdiru Yã Muqtadiru
Kelompok (8)
71-72 >> Yã Muqaddimu Yã Mu`akhkhiru
73-74 >> Yã Awwalu Yã Ãkhiru
75-76 >> Yã Dhãhiru Yã Bãthinu
77-78 >> Yã Wãlĩ Yã Muta`ãlii
79-80 >> Yã Barru Yã Tawwãbu
Kelompok (9)
81-82 >> Yã Muntaqimu Yã Afuwwu
83-84 >> Yã Ra`ũfu Yã Mãlikal Mulki
85 >> Yã Dzul Jalãli Wal Ikrãm
86-87 >> Yã Muqsithu Yã Jamĩ`u
88-89 >> Yã Ghaniyyu Yã Mughnĩ
Kelompok (10)
90-91 >> Yã Mãni`u Yã Dhãru
92-93 >> Yã Nãfĩ`u Yã Nũru
94-95 >> Yã Hãdĩ Yã Badĩ`u
96-97 >> Yã Bãqĩ Yã Wãritsu
98-99 >> Yã Rasyĩdu Yã Shabũru
3. Selanjutnya dari masing-masing kelompok, dibagi lagi menjadi 5 sub kelompok (pasangan)
Misalnya pada kelompok (1) :
- Asma 1 dan 2 >> YAA RAHMAANU YAA RAHIIMU
- Asma 3 dan 4 >> YAA MALIKU YAA QUDDUUSU
- Asma 5 dan 6 >> YAA SALAAMU YAA MU’MINU
- Asma 7 dan 8 >> YAA MUHAIMINU YAA `AZIIZU
- Asma 9 dan 10 >> YAA JABBAARU YAA MUTAKABBIRU
4. Ketika menghafal, bisa menyebut Asma dengan nomor
Asma 1 dan 2 >> AR-RAHMAAN AR-RAHIIM atau menambah YAA di depan Asma
5. Hafalkan 1 pasangan dulu (misalnya YAA RAHMAN YAA RAHIIM). Mengucapkannya berulang-ulang. Jangan berpindah ke pasangan selanjutnya (Asma 3 dan 4) jika Asma 1 dan 2 ini belum benar-benar hafal.
6. Jika Asma 1 dan 2 sudah benar-benar hafal silakan hafalkan Asma 3 dan 4. Caranya sama, mengucapkan berulang-ulang.
7. Jika Asma 3 dan 4 sudah hafal jangan buru-buru menghafal ke pasangan Asma berikutnya (5 dan 6). Ucapkan kembali Asma 1, 2, 3 dan 4 secara berurutan dan berulang-ulang hingga benar-benar hafal.
8. Jika Asma 1, 2, 3 dan 4 sudah hafal silakan melanjutkan Asma 5 dan 6. Jika Asma 5 dan 6 sudah hafal. Ulangi lagi hafalan Asma 1, 2, 3, 4, 5 dan 6 berkali-kali sampai benar hafal. Jika sudah hafal baru melangkah ke dua Asma selanjutnya. Begitu seterusnya hingga Anda dapat menghafal 10 Asma dalam kelompok (1).
9. Supaya tidak terlalu berat beban menghafal. Cukuplah dalam 1 hari menghafal 1 kelompok Asma saja
10. Kalau untuk anak saya biasanya saya mencontohkan pelafalannya dengan lagu sederhana. Terserah nada apa yang terpikirkan asalkan nada lagu itu tidak berubah ketika kita mengulangnya esok lagi.
11. Bisa juga menghafalkan 1 kelompok Asma menggunakan 5 jari sebelah kanan (jangan lupa tetap dinyanyikan)
Contoh kelompok (1)
- Ibu jari : sambil menyebut Asma 1 dan 2
- Telunjuk : sambil menyebut Asma 3 dan 4
- Jari tengah : sambil menyebut Asma 5 dan 6
- Jari manis : sambil menyebut Asma 7 dan 8
- Kelingking : sambil menyebut Asma 9 dan 10
Begitu sampai kelingking, kembali lagi ke ibu jari untuk menyebut Asma dari kelompok (2), lanjutkan..!
No comments:
Post a Comment